6 Cara Mengajari Anak Membaca, Menyenangkan Dan Mudah Diterapkan

Namun sayangnya, terkadang hal tersebut tidak mudah dilakukan. Agar anak bisa membaca lebih cepat, anda bisa menggabungkan waktu belajar cara mengajari anak membaca dengan kegiatan sehari-hari. Untuk menyokong keinginan belajar anak, anda bisa membeli atau membuat sendiri kartu suku kata.

Sebagian berpendapat bahwa mengajarkan membaca sejak usia dini dapat membantunya lebih siap saat masuk sekolah. Cara mengajari anak membaca yang pertama adalah dengan memahami keterampilan inti dalam mengajar anak membaca. Penting untuk diingat bahwa belajar membaca melibatkan berbagai keterampilan yang berbeda. Ada sangat banyak manfaat membaca buku bersama Si Kecil secara rutin. Tak hanya membuat Si Kecil akrab dengan huruf dan memahami cara membaca sebuah kata, membacakan buku untuk anak juga memperkuat ikatan antara orang tua dengan anak, lho. Karena saat Bunda membacakan buku untuk anak, terjadi interaksi antara Bunda dengan Si Kecil.

Saat ia sudah mulai mencoba untuk membaca buku favoritnya, coba minta si Kecil untuk menceritakan kembali tentang tokoh dan cerita yang ada di buku tersebut. Hal ini akan membantu anak untuk tidak sekadar bisa membaca, tapi juga memahami yang dibacanya. Bunda bisa mencetak beberapa poster berisi huruf abjad atau membeli buku yang dipenuhi gambar-gambar dan meletakkannya di berbagai tempat di rumah. Dengan membaca berulang-ulang buku yang sama, Si Kecil juga belajar mengenal huruf-huruf yang tertulis di buku. Ini karena otaknya terlatih saat mendapat stimulasi berupa kata-kata yang tertulis dan gambar yang ada di dalam buku.

Terlalu lama menggunakan device, justru bisa memberikan dampak dampak negatif lainnya. Mengajak anak mendengarkan lagu dan sajak favoritnya tidak hanya bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan, namun juga dapat memperkaya kosakata anak. Memiliki peran sebagai orang tua, tentu memiliki kewajiban penting untuk mendidik seorang anak hingga ia bisa tumbuh cerdas dan pintar.

cara mengajari anak membaca

Karena mengeja merupakan cara alami sang anak agar ia bisa membaca kata dengan benar. Setelah si kecil bisa membaca kata dengan lancar, selanjutnya ajarkan dia untuk membaca kalimat yang tidak terlalu panjang. Jika anak sudah kenal dan hafal huruf kecil maka ajarkanlah huruf besar atau huruf kapital. Ini akan memudahkan anak ketika ia membaca buku cerita di mana terdapat huruf kapital juga. Awalnya, mungkin anak masih belum terbiasa dengan huruf besar.

Agar anak lebih mudah belajar membaca, berikan kata-kata yang acquainted. Bersumber dari Readandspell.com, hal ini dipengaruhi oleh kemampuan berbicara anak. Jika kegiatan membaca dibiasakan sejak dini, maka si kecil akan merasa nyaman untuk terus membaca.

Jika Anda merasa anak sudah siap untuk belajar membaca, Anda bisa mulai menerapkan metode mengajari anak membaca sesuai dengan usia dan kemampuannya. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenalkan huruf pada anak. Hal ini disebabkan anak akan kesulitan untuk belajar membaca jika ia tidak mengenal huruf.